kppnbojonegoro.net

kppnbojonegoro.net – Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar dan anggota Tim Pengawas Haji, melakukan kunjungan inspeksi ke tenda jemaah haji kloter JKS 10 yang berlokasi di Maktab 76, Mina, Arab Saudi. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 April 2024, pukul 20.30 waktu setempat dan dihadiri juga oleh Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI.

Lokasi dan Kapasitas
Maktab 76, yang terletak sekitar 4 kilometer dari lokasi jamarat, menampung sebanyak 450 jemaah dari Kabupaten Bandung Barat. Selama kunjungan, terungkap bahwa tenda yang dipergunakan jemaah mengalami overkapasitas, sehingga sebagian jemaah terpaksa tidur di luar tenda.

Dialog dengan Jemaah dan Kondisi Tenda
Dalam kunjungan tersebut, Ace Hasan Syadzily berdialog langsung dengan jemaah untuk memahami lebih dalam tentang kondisi yang mereka hadapi. “Ini kenapa tidur di luar?” tanya Ace kepada jemaah. Jawaban yang diterima mengindikasikan bahwa kepadatan di dalam tenda membuat beberapa jemaah memilih untuk tidur di luar. Ace juga menanyakan kondisi pengaturan suhu di dalam tenda, khususnya fungsi AC, yang penting untuk kenyamanan jemaah.

Kesehatan Jemaah
Ace Hasan Syadzily juga berkesempatan berbicara dengan dr. Assyifa Anindya, petugas kesehatan dari PPHI, mengenai penanganan kondisi kesehatan jemaah di lokasi. Dr. Assyifa menjelaskan, “Kalau ada yang pingsan atau dehidrasi, kita langsung melakukan penanganan di maktab ini dengan infus.”

Kunjungan ini adalah bagian dari upaya DPR RI dalam memastikan kesejahteraan jemaah haji Indonesia dan untuk memahami secara langsung kondisi serta tantangan yang dihadapi oleh jemaah di lapangan. Hasil dari kunjungan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan haji di masa mendatang.

By admin